Kamis, 10 Desember 2009

Modifikasi Mobil ala Pimp My Ride





Belum punya dana untuk memodifikasi mobil? Jangan khawatir, modifikasi yang satu ini tidak perlu dana kok. Pasalnya, Anda hanya mengubah tampilan fotonya, alias memodifikasi secara virtual foto mobil kesayangan Anda. Apa pun bisa dimodifikasi, mirip-mirip tayangan modifikasi mobil gratis yang ada di MTV. Ya, inilah cara ber-Pimp My Ride ala Photoshop CS3.

Bagaimana melakukannya? Ikuti saja langkah-langkah ini.

1. Potretlah mobil Anda dari sudut pandang yang menurut Anda paling oke. Setelah selesai, transfer gambar tersebut ke PC dan buka di Photoshop. Kemudian lakukan modifikasi awal dengan mengganti warna kendaraan. Mula-mula, seleksi area bodi mobil. Klik [Pen Tool] di toolbox. Lakukan seleksi dengan membuat outline bodi mobil sampai tuntas. Setelah selesai, buatlah outline lagi untuk area yang tidak “dicat” seperti kaca, lampu, dan sebagainya.

2. Klik tab [Paths]. Klik-tarik layer path untuk outline mobil yang telah dibuat ke arah icon kertas di bawah palette agar path tersimpan. Klik icon [Load path as selection] ber-icon lingkaran bergaris putus-putus di bawah panel. Path di badan mobil akan berubah menjadi garis putus-putus.

3. Klik tab [Layer], lalu buat layer baru dengan menekan [Shift] + [Ctrl] + [N] di kibor. Klik [OK] pada boks yang muncul. Pada tahap ini, Anda bisa mulai mewarnai. Misalkan Anda ingin membuat gradasi dua warna. Pilih dulu kombinasi warna yang diinginkan di kotak Background dan Foreground color dalam toolbox.

4. Klik [Gradient Tool], lalu pilih modus [Foreground to Background] dari menu drop-down Gradient di toolbar. Pastikan layer baru terpilih. Selanjutnya, klik-tarik pointer mengikuti garis bodi mobil sehingga muncul warna gradasi yang dikehendaki.

5. Masih pada layer cat baru, ubahlah modus blending layer tersebut menjadi [Linear Light] agar warna baru terlihat menyatu ke bodi. Kurangi persentasi opacity agar detail mobil tetap kentara.

6. Jika ada bagian yang seharusnya tidak terkena cat tetapi tertimpa warna baru, klik icon [Add layer mask] di bagian bawah panel layers. Pastikan warna hitam dan putih terpilih pada kotak Background dan Foreground color. Klik [Brush Tool], lalu buang warna di area yang diinginkan.

7. Tambahkan beberapa detail atau pernak-pernik jika suka pada mobil. Misalnya gambar pola yang Anda gandrungi untuk bagian kap mobil. Masukkan gambar sebagai layer baru dengan mengklik [File] > [Place...]. Cari dan klik foto yang hendah dipakai pada boks yang muncul, lalu klik [Place]. Gambar akan muncul sebagai layer baru. Tekan [Enter], lalu klik kanan layer gambar, dan pilih [Rasterize Layer].

8. Agar gambar logo tersebut rata dengan kap mobil, Anda harus mendistorsi bentuknya. Tekan [Ctrl] + [T]. Klik-kanan gambar, lalu pilih [Distort]. Selanjutnya, tarik sudut-sudut gambar untuk menyesuaikan area bodi yang akan dipasangi gambar. Jika sudah pas, tekan [Enter]. Ganti blending mode pada layer gambar menjadi [Multiply] dan turunkan opacity-nya. Cobalah dengan menambahkan logo lainnya.

9. Tambahkan lampu di bawah bodi mobil. Caranya, buat layer baru. Klik [Brush Tool], pilih warna di kotak Foreground color, lalu pulaskan di bagian bawah kendaraan. Agar terlihat berpendar, klik [Filter] [Blur] [Gaussian Blur...]. Atur slider “Radius” sampai mendapatkan pendaran lampu yang pas. Jika sudah beres, klik [OK]. Gunakan mask layer untuk menghapus pendar lampu yang berlebihan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar