Minggu, 03 Oktober 2010

MODIFIKASI RETRO CEPER

Ceper adalah salah satu aliran modifikasi mobil retro yg cukup banyak peminatnya di Indonesia dan di dunia.
Prinsip dari aliran ceper ini adalah memperkecil angka “ground clearance” (jarak antara mobil dengan aspal). Dengan slogan “semakin rendah, semakin keren/gaul”, aliran modifikasi ini tidak pernah kekurangan peminat. Ada dua kepentingan yang dilakukan dengan style mobil retro ceper ini, yaitu untuk stabilitas dan untuk gaya.
ceper-datsunPenerapkan modifikasi seperti ini tidak  boleh sembarangan dilakukan, karena  jika salah perhitungan dapat mengganggu kenyamanan, bahkan faktor keselamatan.
Kerugian lain akibat modifikasi aliran “ceper” ini adalah  :
  • Kerusakan bagian bawah mobil akibat bergesekan dengan polisi tidur.
  • Sulitnya proses spooring roda
  • Berkurangnya kemampuan rem, dll.
Modifikasi mobil jenis ini juga dikenal di belahan dunia lain, dengan nama “Low Rider”. Asal muasal aliran ini adalah dari kreatifitas warga America keturunan Mexico, yang biasa disebut sebagai “Chicano”. Mereka menunjukkan identitas dirinya melalui mobil retro yang telah dimodifikasi ala Low Rider ini. Slogan yang dianut oleh penggemar aliran ini adalah  “Low and Slow” atau dalam istilah mereka disebut “Rajito y Suavecito”.
mobil ceper retro mercy keboPenggemar aliran “Low Rider” cukup solid, mereka mempunyai tempat berkumpul khusus, mempunyai majalah khusus, bahkan setiap tahunnya mampu mengadakan pameran khusus kendaraan Low Rider, lengkap dengan kemeriahannya seperti pesta barbeque, pesta bikini, dll.
Ada beberapa macam cara yang dapat dilakukan agar mobil bisa terlihat lebih ceper, seperti :
  • Potong per, ini merupakan alternatif yg paling murah. Pada batas ukuran tertentu, masih dapat mempertahankan kenyamanan karena gaya pegas (rebound) masih dapat dipertahankan walaupun ketinggiannya sudah berubah.
  • mobil ceper retro volvoPres Per, melakukan pres pada per adalah alternatife kedua untuk menekan biaya. Prosesnya, dilakukan dengan cara memanaskan per, kemudian dengan menggunakan alat khusus, per tersebut ditekan sampai  mencapai ukuran yang diinginkan . Efek negatip dari proses ini, gaya pegas per akan menjadi lebih keras (Rebound).  Hal ini dikarenakan jarak ulir per yang semakin rapat. Proses ini sebenarnya tidak direkomendasikan, karena struktur kekuatan besi pada per akan berubah akibat pemanasan serta mengurangi kekuatan per tersebut, sehingga akan menjadi lebih getas dan mudah patah
  • mobil ceper retro mercy batmanLowering Kit, adalah unit suspensi yang dibuat oleh pabrik yg telah disesuaikan dengan karakter mobil retro yang akan diceperkan. Namun tidak semua jenis mobil retro dengan mudah mendapatkan suspensi lowering kit yang cocok,sehingga hanya mobil-mobil retro tertentu yg bisa memakai cara ini. Selain itu harga dari lowering kit ini cukup mahal,walaupun sebenarnya sebanding dengan kenyamanan yang hampir tidak berubah akibat proses penceperan ini.
Air Suspension, tekniknya adalah menggunakan tabung dengan tekanan udara,cara ini mempunyai kelebihan karena ketinggian bisa diatur sesuai keinginan, sehingga sangat fleksibel untuk segala jenis kondisi jalan. Akan tetapi, peralatan untuk system ini sangat mahal, oleh sebab itu cara ini sebagian besar dipakai untuk keperluan kontes saja.
Sumber : wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar