Rabu, 08 Desember 2010

Busi

SPARK PLUG




CATATAN: Sebelum melepaskan busi, pastikan area di sekitar busi dalam keadaan bersih sehingga pada saat melepaskan busi tidak ada kotoran yang dapat masuk ke ruang bakar.

MELEPASKAN BUSI

Lepaskan kepala penutup busi dgn cara menarik kepala-nya keluar.

Lepaskan busi menggunakan kunci busi.

Periksa busi atau ganti busi sesuai dengan jadwal perawatan berkala.




PEMERIKSAAN BUSI

Periksa dari kemungkinan adanya Kerusakan pada Insulator

Periksa dari kemungkinan adanya Keausan pada Elektroda

Warna Electroda Busi, guna mendiagnosa proses pembakaran.
  • Coklat muda sampai dengan coklat tua menunjukkan proses pembakaran baik.
  • Coklat muda sekali menunjukkan proses pembakaran kurang baik akibat pengabutan yang terlalu miskin.
  • Kehitaman disertai adanya serbuk arang menunjukkan proses pembakaran kurang baik akibat pengabutan terlalu Kaya.



MEMBERSIHKAN DAN MERAWAT BUSI

Bersihkan busi dengan sikat kawat atau dengan pembersih khusus busi.

Periksa celah antara Elektroda busi menggunakan Lidah Ukur (Feeler Gauge).

Celah Elektroda Busi : 0,6 - 0,7 mm.

Jika celah antar elektroda busi tidak sesuai dengan spesifikasinya, bengkokan Elektroda Samping hingga mendapatkan celah sesuai dengan spesifikasinya.

Periksa Ring Sil busi, Apabila rusak gantilah Busi dengan baru.

Pasang kembali busi dengan cara kencangkan dulu dengan tangan baru kencangkan dgn kunci kira2 ¼ putaran sampai Ring Sil menyentuh permukaan lubang busi.

TORSI Pengencangan Busi: 1,2 kg-m

PERHATIAN: Sebelum memasang busi pastikan tidak ada debu atau kotoran di permukaan lubang busi.

Untuk menghindari kerusakan pada kepala Silinder, kencangkan dulu busi menggunakan tangan lalu kencangkan menggunakan kunci sesuai dengan spesifikasi torsi yg diberikan.

Busi yang dipasang terlalu kencang dapat merusak kepala Silinder, berikan pengencangan sesuai dengan spesifikasi Torsi yg diberikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar