Selasa, 25 Januari 2011

CARA MENGETEST DINAMO AMPER MOBIL/ ALTERNATOR MOBIL



DINAMO AMPER/ALTERNATOR


DINAMO AMPER MOBIL/ALTERNATOR MOBIL
Alternator/dinamo amper adalah peralatan elektromekanis yang mengkonversikan energi mekanik menjadi energi listrik arus bolak-balik. Pada prinsipnya,generator listrik arus bolak-balik disebut dengan alternator, tetapi pengertian yang berlaku umum adalah generator listrik pada mesin kendaraan. Alternator pada pembangkit listrik yang digerakan dengan turbin uap disebut turbo alternator. (wikipedia )

Cara mengetahui/mengetest Alternator/Dinamo Amper rusak/lemah :

Ada berbagai cara untuk melihat performa alternator dalam kondisi baik atau tidak. Mulai dari cara sederhana hingga menggunakan alat. Pertama, menggunakan indikator lampu LED yang banyak dijual di pasar. Colokan konektor ke lighter, lihat warna yang ditunjukkan oleh lampu tersebut. Biru berarti baik, dan merah jika ada masalah. 
Untuk hasil maksimal gunakan voltmeter. Dengan alat ini, performa aktual  alternator bisa terdeteksi. Baik besarnya hambatan serta tegangan yang ditimbulkan, plus bila terjadi kebocoran arus listrik pada sistem.
Cara terakhir dengan melihat indikator di dasbor yang berlambang aki. Ketika indikator aki itu menyala, berarti alternatornya kurang optimal dalam melakukan pengisian aki.( nanozr.co.id)


Soft
azis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar