Senin, 10 Januari 2011

Persiapan MotoGP Musim 2011

KTM Mulai Ikut Kembangkan Paket Moto3

Spanyol – Tidak ingin kalah pamor dengan Honda yang sudah lebih dulu mengembangkan prototipe untuk Moto3, KTM pun mulai ikut serta mengembangkan paket mereka. Sayangnya KTM masih melakukan percobaan pada tipe mesin motor yang belum memenuhi regulasi yaitu 350 SX-F.

Paket motor Moto3 dari KTM yang dikembangkan diujicoba di sirkuit Cartagena Spanyol, selama dua hari (30-31/12) pada akhir 2010 tersebut, tentunya menjadi awal komitmen KTM untuk tetap konsisten di kelas pemula untuk pembalap GP. KTM yang sempat keluar dari ajang perhelatan balap akbar dunia pada tahun 2009 lalu, akhirnya mencoba kembali untuk hadir musim 2012.

KTM menjajal motor tersebaru mereka bersama test rider Michi Ranseder, seorang pembalap dari ajang balap IDM (Supersport 600cc Jerman). 350 SX-F sendiri masih berbasis mesin 350cc, 4 tak, satu silinder, dan juga masih memiliki diameter bore yang lebih besar, yaitu 88 mm. Padahal regulasi Moto3 hanya memperkenankan bore maksimal 81 mm dan 250cc saja.

Tentunya KTM harus menurunkan lebar ruang silindernya menjadi 81 mm, alias bore down. Dan penelitian untuk ini, pasti akan memerlukan waktu yang lama, karena secara otomatis tenaga 350 SX-F juga akan turun secara drastis.

Tes selama dua hari tersebut memang masih jauh dari harapan, namun tentunya ini sebagai upaya mereka untuk bisa kembali berjaya di kelas Moto3 musim depan. Belum ada catatan hasil yang mereka rilis, namun pastinya ini hanyalah secuil langkah untuk pengembangan mesin NRS 250 lebih lanjut.

Apakah KTM bisa mengembangkan paket motor mereka sesuai dengan regulasi dan keinginan mereka nantinya? Hmm semoga saja.

sumber : http://otosport.otomotifnet.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar