Sabtu, 08 Januari 2011

Tips Body Part Kawasaki Ninja 250R

Rawatan Tutup Tangki Ninja 250R, Bebas Seret di Musim Hujan

Jakarta - Mirip dengan tumbuhan yang memiliki musim-musim tertentu, perawatan motor juga punya musim sendiri. Seperti pada musim hujan dan kemarau, tentu berbeda jenis perawatannya. Seperti yang bisa dilakukan pada Kawasaki Ninja 250R pada musim hujan.

Pada musim hujan, ada beberapa hal perlu diperhatikan, salah satunya tutup tangki bahan bakar. “Sudah ada beberapa yang seret susah dibukanya,” terang Tommy Bramudia dari Ngayun Speed (NS) di kawasan Kelapa Dua, Jakbar.

Bayangkan penutup tangki bahan bakar enggak bisa dibuka, berarti kalau bensin tiris bagaimana mengisinya? Kenapa bisa begitu ya? Menurut Tommy, udara lembab kala hujan bikin timbulnya karat pada beberapa bagian dalam mekanisme tutup tangki.

Memang, penutup ini terbuat dari bahan antikarat, tetapi mekanisme di dalamnya bisa saja tertahan deposit atau kerak yang muncul karena udara lembab. Efeknya, kunci tidak mau menggerakkan rumah penutup tangki agar terbuka.

Tetapi tidak perlu khawatir, masih bisa dilakukan usaha untuk membukanya. Pertama-tama semprotkan saja cairan penetran ke dalam lubang kuncinya, beberapa kali semprot saja, enggak usah pelit. Lakukan berulang-ulang (gbr.1).

Lantas, diikuti dengan memasukkan anak kuncinya dan putar beberapa kali. Ini dimaksudkan agar pergerakan mekanisme di dalamnya bisa bergerak lebih lancar. Oh ya, jangan dipaksakan, karena bisa membuat anak kunci patah kalau kebetulan seret.

Jika hal itu sudah dilakukan, tapi gerak bagian dalam rumah kunci masih terasa keras dibukanya, maka semprotkan lagi bagian sisi lubang kunci (gbr.2), agar cairan penetran pun benar-benar masuk ke dalam mekanisme kunci di dalamnya.

Supaya lebih loncer, buka penutup tangki dan semprotkan juga dari bagian pengunci di balik penutup tangkinya. Pengunci inilah yang bergerak maju-mundur sesuai gerakan anak kunci. Semprotkan bagian sisinya (gbr.3).

Sebaiknya, lakukan perawatan ini minimal sekali sebulan ketika musim kemarau dan pada saat masuk musim hujan, tentu akan lebih sering lagi dilakukan perawatan ini. Apalagi ketika tunggangan kerap digunakan saat hujan. Tentu tutup tangki pun lebih sering basah dan lembab. Oh ya, perawatan seperti ini bisa juga dilakukan buat motor-motor lain yang berjenis sport, ya.

Nah, ada kiat untuk menjaga bagian ini agar lebih awet, tiap kali sesudah kehujanan, lap bagian ini secara mendetail. Mulai di bagian luarnya maupun di bagian dalamnya. Ini demi menghindari karat di bagian itu. Gunakan lap yang mudah menyerap air seperti chamois (gbr.4).

Kalo udah gini, pasti lancar, deh!    

(sumber : motorplus.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar